• SMA QURANIC SCIENCE BOARDING SCHOOL
  • Hafidz, Cerdas dan Mampu Memimpin
KUTIPAN

SMA QSBS Al-Kautsar 561 Turut Meriahkan Ajang OSN-K 2022

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang lomba bagi para siswa pecinta sains. Terdapat sembilan bidang yang diperlombakan yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Kebumian, Ekonomi, Geografi dan Informatika. Sebelum sampai ke tingkat nasional peserta harus menempuh seleksi di tingkat Kota/Kabupaten (OSN-K) dan tingkat Provinsi (OSN-P).

Olimpiade Sains Nasional tingkat Kota/Kabupaten (OSN-K) kali ini dilaksanakan pada 23 – 25 Mei 2022 yang mana pelaksanaannya dibagi menjadi dua hari. Pada Selasa (24/5/2022) peserta OSN-K bidang Fisika, Biologi, Ekonomi dan Geografi terlebih dahulu yang melaksanakan tes. Di hari berikutnya, Rabu (25/5/2022), dilangsungkan OSN-K bidang Matematika, Kimia, Kebumian, Astronomi dan Informatika.  

Pelaksanaan OSN-K dilakukan secara semionline di mana peserta mengerjakan tes dengan sistem berbasis komputer. Tentu saja, dengan teknis pengerjaan seperti ini membutuhkan persiapan dan fasilitas yang cukup memadai. Selain itu, peserta melakukan simulasi pengerjaan tes seminggu sebelum hari-H. Hal ini tentunya bertujuan agar peserta OSN-K mengenal prosedur pelaksanaan OSN-K dengan harapan peserta dapat mengikutinya dengan lancar.

Satu hal yang sangat menarik adalah peserta diberikan pembinaan secara intensif sebelum pelaksanaan OSN-K berlangsung. Pembinaan dilakukan sejak awal tahun ajaran berlangsung yang dilaksanakan rutin setiap pekan. Selain itu, dilakukan juga intensif pembinaan selama enam hari, tepatnya sepekan sebelum pelaksanaan OSN-K. Hal tersebut dimaksudkan agar peserta siap mengikuti kompetisi secara maksimal.

“Di sini (SMA QSBS) tuh keren banget, soalnya KSN itu udah dibina dari bulan-bulan sebelumnya. Kalau di bulan-bulan sebelumnya dibina itu kan paling seminggu sekali atau dua minggu sekali, cuma mendekati KSN itu seminggu full dibuat belajar… Jadi, kalau misal pemantapan seminggu terakhir itu nggak ada kayaknya pas KSN-nya itu bakal rada blank…” Tutur Qisthi, salah satu peserta OSN-K SMA Quranic Science Boarding School bidang Biologi.

Harapannya untuk OSN-K kali ini semoga hasilnya memuaskan atau sepadan sama kerja keras yang udah kita kasih selama berbulan-bulan sebelumnya. Dan semoga entah tahun ini atau tahun depan ada kesempatan untuk jadi perwakilan Indonesia buat ikut IBO (International Biology Olympiad). Terimakasih QSBS.” Lanjutnya.

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa dalam pelaksanaan OSN-K ini terdapat beberapa bidang yang dilombakan. Berikut ini adalah data peserta OSN-K dari SMA Quranic Science Boarding School.

Bidang Pembina Peserta Kelas
Matematika Ahmad Baihaqi,S.Pd. Fida Izzatunnisa XI MIPA 1
Imania Kolbi  X MIPA 1
Ahmad Hafidzh Alfareza  X MIPA 2
Fisika Keswara Hariyanto,S.T. Lulu Nurwahida Tsuraya XI MIPA 1
Najwa Aulia Zahra XI MIPA 1
Nafla Zafira Katyusha X MIPA 1
Kimia Diana Arianti S.,M.Pd. Agni Aprilia Zulfah X MIPA 1
Haura Syakila X MIPA 1
Muhammad Falqi Bada'i X MIPA 2
Salman Hafidh X MIPA 2
Biologi Rika Mustika,S.Si. Labibah Ibtissama Nur Asmaa X MIPA 1
Nediya Nurdini Meidijanto X MIPA 1
Qisthi Muthia'ulhaq Al Fath X MIPA 1
Fadla Nilan  X MIPA 1
Hanika Fitriani XI MIPA 1
Kebumian Adam Raka Ekasara,M.Eng. Chaleedya Nissrin Zukhrufa X MIPA 1
Astronomi Atthiyah Dinda Eziza Khairunnisa X MIPA 1
Informatika

Angga Bagja N.,S.Pd.
Ahmad Baihaqi,S.Pd.

Sulthan Rayyanir Yursyadul Rizq XI MIPA 2
M. Sabilil Haq X MIPA 2
Hana Khalisah X MIPA 1
Geografi Khoerul Matin,S.Pd. Lula Nurtsaniya Hasanah XI IPS
Zahira Maulani XI IPS
Alya Shabrina A. R. H. X IPS
M. Fachri Raji Munggaran X IPS
Taufik Ramdhan X IPS
Ekonomi Risma Rahmayanti,S.Pd. Alya Bunga Rahmadani H. XI IPS
Muhammad Nabil Hibatulhaq X IPS
Iffa Tabina Wisandani X IPS
Umi Kulsum X IPS
Santi Mulyady XI IPS

 

Komentar

Sekolah nya keren, anak didik sudah diajarkan dan dibina jauh hari supaya anak didik mengerti paham dan siap untuk OSN-K. harapannya semua peserta didik mendapatkan pengalaman dan hasilnya memuaskan . Aamiin ya robbal'alamin

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Ibni, Siswa SMA QSBS Delegasi Indonesia dalam Olimpiade Kimia Internasional (IChO) 2022 di Cina

Siswa SMA Quranic Science Boarding School yayasan Al-Kautsar 561 Tasikmalaya, Muhammad Dihya Aby Abdi Manaf, berhasil lolos menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang kompetisi dunia 54th

10/06/2022 09:47 - Oleh Administrator - Dilihat 1388 kali